Senin, 30 Maret 2015

Jatuh Itu Perlu


Bismillah.
What do you think if you 'fall' from high position?
Jatuh, bukan artian sebenarnya. Ketika lu adalah orang yang bisa ini, bisa itu, ahli ini, ahli itu. Ketika lu selalu teratas dalam suatu/ berbagai hal, maka lu perlu jatuh.
Seringkali kita merasa saat kita lagi jatuh itu, saat biasanya hukum –gue-selalu-bisa-mendapatkan-apa-yang-gue-mau ga lagi berlaku, kita langsung minder. Down. Ngedrop. Berasa gak punya apa-apa. Gak bisa apa-apa.
Langsung ngerasa, katakanlah, “Oh ternyata gue gabisa. Seorang gue coy! Gue! Seorang gue dikalahin! Punya apa gue punya apaa… Oh Tuhaaan”. Lebay over. Haha. Tapi gak jauh-jauh lah dari itu. Contohnya aja nih, seorang anak yang nilainya selalu 100, 90, serendah-rendahnya 85 itupun jaarang beut, sebuat aja T (Tata haha AMIN). Ketika si T dapet nilai 80 aja, apa yang dia rasain?
Mental dia belum terasah buat di posisi bawah. Maka sekalinya dia dibawah, dia langsung tekapar~ #ea. Mindset dia langsung keruh. Negatif. Ah udahlah, gue yang biasanya bisa aja dah gabisa. Gitu. Padahal kalo dia terus belajar aja, nilai dia bisa kedongkrak lagi. Padahal ya, inilah kehidupan. Kadang diatas, kadang dibawah. Kadang pasang, kadang surut. Kadang hitam, kadang putih. Ya gak? Dunia ini gak sebatas ruang lingkup kehidupan lu doang! Jenjang atas itu lebih keras dan masih panjang. Kalo lu terus-terusan belum terbiasa dan gak kuat berada di posisi bawah, gimana lu bisa bertahan nanti? Gitu tuh. Azek.
Kita perlu jatuh, agar kita terus belajar hal-hal lebih dari apa yang biasanya kita pelajari. Kalo lu terus-terusan dapet apa yang lu mau dengan kemudahan, maka lu akan ngerasa cukup dengan semua kemudahan-kemudahan itu. Karena saat lu belum dapet apa yang lu mau, -dan kalo lu bener-bener pengen sukses-, lu bakal terus ngejar mimpi lu. Dan ketika saatnya lu dapet mimpi itu, lu sadar sama perjuangan lu -buat ngedapetin dan lu sadar kalo masih banyak lagi cabang-cabang dari mimpi lu, jadi lu masih harus lari.
Kalo kata temen gue, “ilmu itu luas”. Oke ini mainstream. Gue tambahin, “Masih banyak perluasan ilmu dari apa yang uidah lu dapet”. Lah sama aja -.-.
Ibarat kata, vroh, merendah untuk meninggi. Lu nunduk buat ngegas tenaga biar bisa loncat lebih tinggi lagi. Mundur selangkah untuk maju beratus-ratus langkah. Lu jatuh biar lu terus bangkit dan terbiasa lari sampai lu nembus batas mimpi lu. It’s no problem for positive goals, isn’t it?
Jadi, kalo lu belum pernah jatuh juga, hal pertama yang harus lu lakuin adalah : TINGGIN MIMPI LU. Lari lagi buat ngejar. Tetapin skala tertinggi yang lu bisa. Bikin perbandingan sama orang-orang yang ada di atas lu. Biar lu kepacu. Biar mimpi lu gak cuma itu-itu aja.
Jangan lupa, dari kegagalanlah kita belajar cara terbaik untuk menaklukan rintangan. Harusnya lu bersyukur lu pernah jatuh. Allah lagi nguji kesungguhan lu dalam ngejar mimpi lu. Buktiin, lu pantes buat dapet itu. Kalo kata firman Allah, tidaklah seorang muslim beriman sebelum Allah uji dengan cobaan. Kira-kira gitu lah. Nah, terapin tuh kesini. Biar lu jadi tahan banting, bukan?
And the last, gue selipin kalimat pamungkas motto kelas 7 gue, “Seorang pemenang dihitung bukan seberapa banyak dia jatuh tapi seberapa banyak dia bangkit”. Kalo kata buku sid*, “A Champion is a someone who get’s up even when they can’t.”
Ealoh.
We’re here because we can.

17 Maret 2015, 10:50, di kelas 8I ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar