Jumat, 26 Desember 2014

Labil (?)

uhuk.
uhuk.
-

Kalo kamu sekarang lagi nginjek usia 12 tahun keatas, kamu pasti boong kalo belum pernah tau apaan labil itu.

Labil itu identik sama yang namanya ‘virus merah jambu’, identik sama masa-masa yang ga jauh jauh sama kata-kata galau, cinta, pundung (haha pundung apaan pundung), gak nentu, plin plan, alay alay norak gajelas *upshahah, sok dewasa dan yah, kata-kata sejenisnya lah.

Kalo kamu denger gosip gosip bisik bisik ih tauga tauga si dia lagi labil tau atau eh tadi aku liat si dia lagi waswiswus IH COBAA LABIL BANGET DIA YAKK, dan kesannya, yang terpikir di benak kamu, labil itu negatif.

Ulangi, labil itu negatif.

Padahal, labil itu ga selamanya negatif, asal kita punya pager keimanan yang cukup bisa ngebatasi kelabilan kita #wazek. Eh serius loh. Jangan sampe kita ngelakuin hal hal yang diluar apa-yang-seharusnya-kita-lakukan berdasarkan asas ‘labil’. Gua kan lagi labil.

Simply example ya, misalnya kamu waktu kelas satu smp rajin ini itu. Bangun tidur pagi, langsung mandi tidak lupa menggosok gigi habis mandi kutolong ibu membersihkan tempat tidurkuu *salahfokus* terus tahajud gapernah absen dan kamu ke masjid selalu tepat waktu.

Tapi pas naik kelas kamu mulai mikir waktu mau mandi pagi pagi, ih aku kan udah kelas *tut* udah besar ngapain mandi pagi pagi kaya anak kelas satu aja, atau waktu mau ke masjid cepet cepet ada setan yang ngebisikin kamu, ih kamu ngapain berangkat cepet cepet paling paling isinya anak kelas satu semua, dan itu sukses bikin niat baik kamu tenggelem sedalem dalemnya. Sumpah ini #hkfacts bukan si hehehahihuheho aduh bukan kok bukan santri hk mah rajin rajin kalopun ada yang males berati dia lagi khilaf LOH BERATI AKU KHILAF TIAP WAKTU DONG eh ups beibeh lupakan.

Huaa naudzubillahimindzaliik.

Pertanyaan besar yang harus dijawab adalah, LU MAU SUKSES TAPI KENAPA LU TINGGALIN HAL HAL BAIK YANG PERNAH LU LAKUIN DAN KENAPA LU LAKUIN HAL HAL YANG DULU JADI PANTANGAN BUAT DILAKUIN?

Why?

Sumpah, disini, bukannya aku sosoan alim. Nggak sama sekali. Mari kita diskusi #azooy jan pada kabur baca kalimat ini okeh, sip.
Gengsi? Males? Atau, labil?
Dua kata pertama okelah itu alasan yang masuk akal.
Lah ini, labil? Kalo kata aku, ‘labil’ itu jawaban yang dipaksakan.
Karena kamu gengsi, kamu malu buat ngelakuin hal hal baik.
Karena kamu males, kamu sering ninggalin buat ngelakuin hal hal baik.
Karena kamu labil, kamu jadi ga ngelakuin hal hal baik? Darimana asal usulnya kalo labil itu jadi ‘ga’?
Jadi kamu tinggalin hal hal baik karena kamu udah terpenjara sama kata kata aku-labil-dan-labil-itu-biasanya-ga-ngelakuin-hal-hal-semacam-itu. Eh gimana sih, ya gitulah, aku gabisa ngerangkai kata-kata yang pas huaaa.

Soal ‘virus merah jambu’, aku bilang sih fitrah, ya. Aku paham sih gimana gejolaknya orang yang lagi manambatkan hatinya pada si doi EAA haha curiga nih jangan jangan pernah, ah engga akumah remaja stay cool bahagia ulalaa. Saran aku buat yang lagi masa-masa begini mah ya, batasi aja lah.
Suka itu fitrah, ya ga sih? Tapi kalo dipikir buat kedepannya, belom tentu orang yang kita suka sekarang bakal jadi ‘masa depan’ buat kita. Bisa jadi si doi itu bakal jadi sahabatnya ‘masa depan’ kita atau teman kerja akrab nya atau malah jadi bos atau asisten ‘masa depan’ kita.
Jangan sampe kita ngelakuin hal-hal yang kita tau gaboleh, berdasarkan asas ‘suka itu fitrah’. Itumah jadi disalahgunain, non, hehe berapa kali sih aku bilang beginian.
Kata umi aku, jangan sampe hal hal yang sebenarnya ga boleh kita lakuin jadi boleh berawal dari permakluman lama-lama jadi kebiasaan. Gitu deh.

Bicara soal labil, aku juga remaja labil, cuy.
Perhatian : saya adalah manusia dengan tingkat kepedean maksimum.

Dan inget ya, labil itu ga selamanya negatif. Dan aku mulai ngerasain efek samping *naon deui efek samping* dari pertanyaan ‘Who’s myself?”. Siapa sih aku? Abdi teh saha? Sapa sih aku? Man ana? ...
Siapa aku, untuk apa aku, dan apa yang akan aku lakukan kedepannya.
Pencarian jati diri? HUAHAHA SENYAM SENYUM SENDIRI BACANYA.
So I wish, masa labil ini aku jadi lebih semangat buat semakin gali potensi aku, weh cihuy banget lah! Nambah prestasi aku, nambah pengalaman pengalaman kehidupan aku, ngokohin pondasi iman aku, bikin prinsip prinsip terus ditegasin lagi. Eh bisa ga ya?
Pokonya aku ga pengen sia-sia.

So, jadilah remaja labil muda kritis cerdas berprestasi, ya!

Koreksi aku kalo salah!
btw ini aku lagi ngomong buat diri sendiri loh!

Salam dari para remaja bahagia!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar