Jumat, 26 Desember 2014

(kalo boleh lebay, judulnya) Gejolak Batin

Berubah itu ternyata, sulit ya
Gak segampang apa yang udah saya rencanain
Ada aja yang bikin saya malas, buat ngelakuin sebuah perubahan itu
Mungkin bakal ada yang bilang,
Ah engga sulit kok selama niat kita bener.
Ah gampang kok, yang penting yakin dulu kalo bisa. Jangan negative thinking dulu.
Tapi tetep aja, berubah itu ga gampang.
Buat ngerubah sikap, perilaku, kebiasaan, dan keseharian yang ga bagus,
seriusan, latihannya itu berat. Banget.
Kalo boleh jujur,
Saya pengen jadi orang yang kalem. Pengen. Banget.
Saya pengen jadi orang kalem yang nempatin kekalemannya di tempat yang tepat.
Saya pengen jadi orang kalem yang gaul.
Saya ga mau terus terusan jadi orang yang, kalo boleh jujur, terlalu cuap cuap sana sini.
Haha hihi sana sini.
Kebanyakan bercandanya. Kebanyakan ketawanya. Kebanyakan seneng senengnya.
Emang sih, terlalu ‘menutup diri’ itu gak baik. Gak baik banget malah.
Terlalu sering sendiri, jarang berbagi. Jarang sosialisasi. Itu.
Saya gak menyinggung ke situ, ya.
Tapi kadang-kadang, ada waktunya buat saya harus sendiri.
Disaat saya punya banyak kewajiban yang harus sesegera mungin saya lakukan, dan waktunya mepet, dan itu kewajiban individual,
Saya harus sedikit menjauh dari kerumunan teman-teman. Saya harus menyendiri.
Misalnya, deadline ujian qur’an di planning saya lusa. Dan biar nilai saya bagus, saya harus murojaah setengah juz sesering mungkin. Soalnya bisa jadi banyak ayat yang lupa. Urutannya ketuker-tuker.
Dua hari ini, saya harus menyendiri. Biasanya kalo saya dan temen-temen dateng ke masjid 10 menit sebelum azan,
Saya harus lebih majuin jadwal saya. Dan saya harus cari tempat yang jauh dari temen-temen.
Biar saya fokus.
Karena kesuksesan itu enggak dateng dengan sendirinya. Perlu kita jemput. Perlu kita raih dengan jalan yang enggak sedikit yang memeras perjuangan.
Kalo misalnya saya bareng temen-temen terus, dan saya enggak jadi murojaah banyak ayat,
Disaat ujian saya kelimpungan sendiri.
Dan disaat itu temen-temen gak bisa bantu saya. Walaupun kita sama-sama terus.
Yang rugi saya sendiri. Dan kesuksesan yang harusnya saya dapet, karena saya gak bisa manage waktu dengan baik,
I lost my chance. Saya kehilangan kesempatan saya.
Saya tahu, itu kesalahan terburuk, dan tersering saya.
Saya pengen jadi orang kalem.
Yang kalo diperhatiin lebih bisa ngatur waktu dengan baik. Ngontrol emosi, dan nafsu dengan baik.
Yang bisa kalem, gak terpengaruh buat ngobrol kalo lagi ada kewajiban yang harus diselesein waktu itu juga.
Bisa jalanin planningnya dengan tegas. Rajin.
Saya pengen jadi orang kalem yang gak banyak ngobrol.
Gak banyak gosip, ngebicarain hal hal yang sebenernya gak penting.
Nikmat di saat itu doang. Tau disaat itu doang. Setelah itu, gak ada pengaruhnya buat kedepannya.
Saya pengen jadi orang kalem yang asyik kalo diajak bercanda dan mengobrol.
Yang emang ramai disaat waktunya bercanda.
Bukan waktu belajar yang dijadikan waktu untuk bercanda
Bukan waktu di masjid yang dijadikan waktu untuk mengobrol
Saya pengen jadi orang kalem yang mencintai membaca buku. Sekalipun itu buku pelajaran.
Menikmati, tenang, enggak terburu-buru.
Saya pengen jadi orang kalem yang bisa nyelesein masalahnya dengan dewasa.
Bijaksana. Langkah tepat dan menyelesaikan. Tenang.
Dan penuh kesabaran.
Saya selalu iri sama orang yang bisa ngejaga kesabarannya. Ngendaliin emosinya.
Gak langsung heh-hoh kesana kemari, cerita ini itu. Grasak grusuk duluan.
Sejujurnya, saya gak pengen kaya gitu.
Tapi saya gak tau kenapa saya semudah itu ngelakuinnya.
Seolah olah itulah diri saya. Saya gak mau!
Saya gak kenal saya yang sekarang! Saya nggak ngerti!
Sejujurnya, SAYA BENCI! SAYA GAK SUKA DIRI SAYA YANG SEKARANG!
Ya Allah,
Saya pengen jadi orang yang kalem.

Help me... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar